Agribisnis UMY Gelar Kuliah Dosen Tamu LKS

April 26, 2017 oleh : superadmin

Setelah mendapatkan pemahaman teori Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di kelas, Mahasiswa Agribisnis 2015 diberikan kesempatan untuk memahami konsep-konsep LKS secara real di lapangan melalui kuliah dosen tamu. Pada kesempatan ini Tim Dosen LKS Agribisnis mengundang Ir. Irfan Harun seorang Ketua Koperasi Syariah DIY pada Selasa, 25/04/2017. Pimpinan tim dosen LKS “Ir. Siti Yusi Rusimah, M.S.”, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait praktek konsep LKS di lapangan. “Seminar ini bertujuan untuk memperkaya pemahaman tentang konsep-konsep Lembaga Keuangan Syariah khususnya dalam penghimpunan dan penyaluran dana dengan berdialok dengan orang yang punya pengalaman langsung mengembangkan LKS khususnya di bidang pertanian”, tutur Bu Yusi saat ditemui pasca seminar di Ruang Stadium General Fakultas Teknik UMY.

Dalam seminar ini pemateri membahas mengenai prinsip-prinsip syariah, salah satunya Al-Musyarokah. Al-Musyarokah merupakan hubungan kerjasama usaha antar dua orang atau lebih yang keuntungan dan kerugiannya ditanggung bersama. Syarat utama Musyarokah adalah pihak-pihak yang melakukan kerjasama harus sesama muslim. “Ketika ingin menjadi anggota BMT maka harus mengikuti jalur Musyarokah kalau tidak maka akan cacat keanggotaanya”, ungkap Ir. Irfan ketika diawal acara.

Selain itu pemateri juga memaparkan prinsip-prinsip lain dalam LKS yang sudah dijalankan oleh Koperasi LKS DIY. Prinsip-prinsip lain yang disampaikan diantaranya: prinsip Al-Wadiah, Al-Mudharabah, Al-Hiwalah, Muzaroah, dan Rahn. Dalam memaparkan materi Ir. Irfan menggunakan contoh-contoh langsung yang dialami di Lembaga Keuangan Syariah, sehingga mahasiswa semakin penasaran untuk mempelajari LKS.

Akhirnya, pada penghujung kuliah, lima mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya. Kelima mahasiswa tersebut memiliki pertanyaan yang berbeda-beda. Gusti, salah satu penanya yang merupakan mahaiswa Agribisnis C 2015 menanyakan terkait bagaimana caranya agar lembaga keuangan syariah dapat bersaing dengan lembaga konvensional. Setelah pemateri menyampaika segudang pengalamannya akhirnya tibalah di sesi penutup. Di sesi ini pemateri dan pihak penyelenggara menyampaikan harapanya bahwa semoga kegiatan ini dapat di praktekan oleh seluruh mahasiswa yang hadir.