Diskusi Publik Fakultas Pertanian UMY

Oktober 19, 2018 oleh : superadmin

Pemateri sedang menyampaikan materi diskusi publik

Program Studi Agribisnis UMY kembali menggelar Diskusi Publik Fakultas pertanian pada 06/10/2018 di ruang sidang AR. Fachruddin A UMY lantai 5. Diskusi publik kali ini diisi oleh Dr. Ir. Nur Rahmawati, M.P  dengan tema “Pengaruh Karakter Kewirausahaan Terhadap Perilaku Resiko Petani Padi Organik”.  Acara ini dihadiri oleh Perwakilan dari Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi D.I.Y, Badan Ketahanan Pangan Provinsi D.I.Y., Civitas Akademika Fakultas Pertanian, dan perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian UMY.

Kegiatan diskusi publik dibuka oleh Indira Prabasari Ph.D, selaku Dekan Fakultas Pertanian UMY. Setelah pembukaan serangkaian acara diskusi publik diisi dengan penyampaian materi oleh Dr. Nur Rahmawati, M.P. Dalam diskusi publik kali ini Dr. Nur Rahmawati M.P., menyampaikan hasil penelitiannya bahwasanya perilaku petani terhadap risiko produksi maupun risiko harga  sebagian besar (sekitar 70 %) Berperilaku menghindar (Risk Avers), petani  berkarakter kewirausahaan kuat berperilaku lebih  berani mengambil risiko (Risk taker) dibanding petani yang berkarakter kewirausahaan lemah, dan  petani padi  semi-organik lebih berani menghadapi risiko harga dari pada menghadapi risiko produksi.

Acara berlangsung cukup menarik, beberapa sesi tanya jawab pihah badan ketahanan pangan dengan pemateri, perwakilan dinas pertanian dengan pemateri dan dosen dengan pemateri terjadi selama kegiatan diskusi publik berlangsung. Pada akhirnya acara diskusi publik ditutup pada pukul 11.20 WIB. (mrs)