Magang Profesi

LATAR BELAKANG

Program Studi Agribisnis telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan pada tahun 2014 telah disesuaikan dengan KKNI-SNPT. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Program Studi Agribisnis terdiri dari mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan dan tugas akhir. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh pada semester akhir adalah Magang Profesi. Magang Profesi dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Program Studi Agribisnis FP UMY. Program ini diharapkan dapat memenuhi tingginya harapan dunia kerja terhadap kemampuan lulusan mahasiswa pertanian.
Hasil survey terhadap kebutuhan pasar kerja menunjukan bahwa tenaga kerja pertanian yang diperlukan adalah yang: (1) memiliki kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan memberikan alternatif permasalahan, (2) terampil dan siap bekerja dilapangan, (3) menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, (4) berjiwa inovatif, dan (5) memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

 

PENGERTIAN MAGANG PROFESI

Magang profesi merupakan kegiatan yang dilakukan di lapangan yaitu di suatu perusahaan atau instansi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Tujuan magang profesi adalah memberikan tambahan wawasan tentang kegiatan pertanian di lapangan yang sesungguhnya dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal pengalaman/keterampilan kerja serta menumbuhkembangkan komitmen kemasyarakatan melalui proses Learning by Doing.
Saat ini model magang profesi yang diterapkan di Program Studi Agribisnis adalah model magang profesi mandiri. Model magang profesi mandiri adalah pesertanya bersifat perorangan (boleh berkelompok), peserta berhak menentukan lokasi sendiri. Waktu dan jumlah peserta magang profesi model mandiri ditentukan sendiri. Fakultas membantu dalam hal administrasi dan perizinan. Peserta terlebih dahulu melakukan survey lokasi, untuk mengetahui kelayakan lokasi magang profesi. Komisi magang berhak menolak lokasi magang yang diajukan peserta apabila dinyatakan tidak layak.