Magang Profesi

Magang Reguler 2024


GAMBARAN UMUM MAGANG

A. PENGERTIAN

Magang profesi atau magang reguler merupakan kegiatan yang dilakukan di lapangan yaitu di suatu perusahaan atau instansi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

B. TUJUAN

  1. Mahasiswa memperoleh pengalaman aplikatif sehingga mendorong sensitivitas kritis cara berpikir dan kemampuan manajerial.
  2. Mahasiswa melaksanakan proses pembelajaran berbasis masalah dan fakta sebagai dasar melakukan inovasi dan pengembangan.

C. MANFAAT

Dengan melaksanakan magang profesi mahasiswa dapat berinteraksi dengan dunia kerja dan lingkungan kerja sejak dini sehingga setelah lulus diharapkan akan menjadi lulusan yang memiliki pengalaman dan kemampuan menjalankan bisnis serta menjadi SDM siap pakai, siap berkarir di berbagai bidang dengan didukung kemampuan analitis, inovatif, dan pengambilan keputusan serta profesional dalam pekerjaannya.

D. CAPAIAN  PEMBELAJARAN MAGANG REGULER

  1. Mampu mengetahui kondisi awal mitra magang apakah Capaian Pembelajaran akan tercapai bila magang di tempat tersebut
  2. Mampu ikut serta dalam penyelesaian proposal kelompok maupun individu
  3. Mampu mematuhi aturan yang berlaku
  4. Mampu mempersiapkan diri baik fisik maupun mental menghadapi proses magang
  5. Mampu Mengidentifikasikan proses manajemen yang dilakukan oleh mitra magang
  6. Mampu menyusun laporan kondisi mitra magang sekarang dan ramalan di masa mendatang
  7. Mampu menempatkan diri / beradaptasi dengan lingkungan mitra magang
  8. Mampu berkomunikasi dengan baik dengan tim kerja mitra magang maupun pihak yang terlibat
  9. Mampu mengambil prakarsa dalam melaksanakan tugas tim kerja
  10. Mampu menyatakan pendapat pada saat diskusi atau pada saat ada kendala kerja
  11. Mampu melaksanakan tugas dari mitra magang
  12. Mampu bertanggungjawab dalam pekerjaan yang dibebankan
  13. Mampu bertindak disiplin dalam menjalankan magang
  14. Mampu menunjukkan tingkah laku yang baik kepada tim dan lingkungan mitra magang
  15. Mampu mengimplementasi ilmu yang diajarkan selama kuliah di lingkungan magang

TAHAPAN MAGANG 

Tahapan magang dimulai dari sosialisasi dan pembekalan magang (wajib), pembuatan proposal, pelaksanaan magang, laporan, ujian dan sampai dikeluarkannya nilai akhir magang. Secara umum mengenai tahapan magang bisa dilihat pada gambar alur berikut ini: Alur Pelaksanaan Magang Profesi Agribisnis UMY. 

Adapun secara detail mengenai tahapan magang periode 2023 sebagai berikut:

  1. Sosialisasi dan Pembekalan Magang I
     Video sosialisasi magang bisa dilihat di kanal Youtube prodi 
  2. Mahasiswa Mencari dan Survey Calon Lokasi Magang : (Gel 1 Januari – 2024) (Gel 2 Agustus – September 2024)
  3. Mahasiswa melakukan list di TU Fakultas untuk penentuan lokasi magang (membuat surat pengantar ke perusahaan) : Januari 2024
  4. Pendaftaran Magang (pasca mendapat surat diterima oleh perusahaan) ke Komisi Magang 
  5. Pengumuman Lokasi Magang Diterima/Ditolak oleh Komisi Magang
  6. Deadline Mahasiswa Mendapatkan Lokasi Magang 
  7. Pengumuman Dosen Pembimbing Magang (DPM) :
    Pengumuman DPM dapat dilihat di grup magang 2024
  8. Pembekalan Magang II : coming soon 
  9. Bimbingan dan Konsultasi Proposal Magang dengan DPM : (Gel 1 Januari 2024) (Gel 2 Juli – Agustus 2024)
  10. Upload Proposal ACC : (Gel 1 : 3 februari 2024)
    Proposal magang yang sudah ditandatangani DPM dan Komisi Magang silakan upload disini.
  11. Pelaksanaan Magang : (Gel 1 , Januari – Februari 2024) (Gel 2, Agustus – November 2024)
  12. Batas selesai magang adalah 31 november 2024
  13. Administrasi Pasca Magang : (Gel 1, maret – mei 2024) (Gel 2, oktober – desember 2024)
  14. Bimbingan dan Konsultasi Laporan Magang : (Gel 1, maret – mei 2024) (Gel 2, oktober – desember 2024) 
  15. Ujian Magang : Gel 1 = paling lambat juni 2024, Gel 2 Paling lambat 31 Desember 2024
  16. Adminstrasi Pasca Ujian : (Gel 1, maret – mei 2024) (Gel 2, oktober – desember 2024)
  17. Apabila belum melakukan ujian dan upload pasca ujian melewati Juli 2024 (gel 1) dan Desember 2024 (gel 2) = akan dikenakan denda (100.000/bulan dan nilai maks AB)

SYARAT DAN KETENTUAN MAGANG

  1. Mahasiswa aktif
  2. Telah menjalani 106 SKS
  3. IPK minimal 2,25
  4. 30 hari kerja (jika Sabtu-Minggu libur tidak dihitung hari kerja)
  5. Kelompok magang wajib sesama jenis kelamin (maks 3 orang/kelompok)
  6. 1 kelompok 1 proposal (mahasiswa membuat proposal secara kelompok)
  7. 1 perusahaan bisa digunakan untuk beberapa kelompok dengan syarat memiliki perbedaan waktu 1 kelompok dengan kelompok lain berjarak 1-2 minggu
  8. Bergerak dibidang agribisnis/ pertanian arti luas
  9. Berbadan hukum (tidak wajib)
  10. Untuk kegiatan produksi, lahan min 2 ha
  11. Untuk kegiatan pengolahan/pemasaran, omzet/penjualan > Rp 1 M/tahun & jml karyawan min 10 org
  12. Ada kegiatan/aktivitas yg bisa untuk magang

LIST PERUSAHAAN MAGANG  (REKOMENDASI)

Daftar list perusahaan magang yang pernah menjadi tempat magang sebelumnya bisa cek di link berikut ini:

(klik disini) (bagian 1)

(klik disini) (bagian 2) (new update)

Sebagai catatan, mohon dicek kembali apakah perusahaan – perusahaan tersebut sudah memenuhi kriteria tempat magang pada poin syarat dan ketentuan magang. Mahasiswa juga bisa melakukan magang selain di list rekomendasi perusahaan magang tersebut.

TATA CARA LIST DI TU FAKULTAS

Jika mahasiswa sudah survey dan diterima perusahaan

Jika sudah melakukan survey dan perusahaan menerima secara verbal/ non formal maka mahasiswa bisa melakukan list di TU dengan menulis beberapa hal berikut:

  • Nama dan kelompok
  • NIM
  • Rencana judul (hanya sementara)
  • Rencana magang (tanggal dan bulan)
  • Perusahaan yang dituju
  • Kontak CP perusahaan

Pada periode ini TU tidak menyediakan surat survey, hanya surat izin magang. Jadi pastikan bahwa kalian sudah survey dan diterima oleh perusahaan.

Bagi kelompok yang sudah survey dan diterima kemudian sudah melakukan list, maka kelompok lain tidak bisa menggunakan perusahaan tersebut (kecuali berbeda tanggal/periode)

Contoh yang diperbolehkan:

  • Kelompok A – PT Tunas Agro – (1 Juli hingga 1 Agustus)
  • Kelompok B – PT Tunas Agro – (1 Agustus – 1 September)

Atau jarak minimal 2 minggu dengan kelompok lain

  • Kelompok C – PT Tunas Agro – (14 Agustus – 14 September)

Contoh yang tidak diperbolehkan

  • Kelompok D – PT SARI – ( 1 juli hingga 1 agustus)
  • Kelompok E – PT SARI – ( 1 juli hingga 1 agustus)

Atau masih selisih 1 minggu

  • Kelompok F – PT SARI – ( 7 juli hingga 7 agustus)

Jika mahasiswa sudah dibuatkan surat izin perusahaan dari TU, mahasiswa selanjutnya menunggu surat balasan dari perusahaan yang menerangkan bahwa perusahaan telah menerima mahasiswa secara resmi (disertai keterangan nama mahasiswa dan tanggal magang)

Setelah mendapat surat balasan dari perusahaan, Langkah selanjutnya mahasiswa bisa mendaftar magang ke komisi magang berbekal surat balasan tersebut

LAPORAN DAN UJIAN MAGANG 

Diantara tahapan magang bagian akhir adalah penulisan laporan dan ujian magang. LAPORAN MAGANG merupakan reportase kegiatan magang yang telah dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan proposal dan realita selama di lapangan. Detail mengenai format silakan bisa download di daftar dokumen magang.

Adapun UJIAN MAGANG, merupakan forum assesmen oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) dan Dosen Penguji terhadap mahasiswa yang telah selesai melaksanakan magang dan selesai (Acc) menulis laporan magang. Pada intinya ujian magang menguji sejauh mana capaian tujuan magang sebagaimana tertulis di proposal. Ujian magang dapat dilaksanakan jika mahasiswa sudah SELESAI melaksanakan magang yang dinyatakan dengan surat keterangan selesai magang dari perusahaan/tempat magang (kecuali untuk beberapa skema magang pandemi) dan telah selesai menulis laporan (Acc DPM). Teknis dan waktu pelaksanaan ujian magang dikordinasikan antara DPM, Penguji dan mahasiswa.

Beberapa catatan penting mengenai laporan dan ujian magang:

  1. Dilarang melakukan plagiarisme (copy-paste) dalam pembuatan laporan magang
  2. Sebelum ujian, mahasiswa wajib bimbingan dengan DPM
  3. Urutan mendapatkan tanda tangan: DPM > Penguji > Komisi magang > Ujian
  4. Jadwal ujian disepakati oleh mahasiswa, DPM dan penguji
  5. Ujian tidak perlu dihadiri oleh mahasiswa lain, hanya DPM, penguji dan kelompok magang itu sendiri
  6. Dalam satu kelompok ujian wajib dilakukan dalam satu waktu
  7. Ujian bisa dilakukan secara daring/online bila keadaan mendesak (zoom/msteam)
  8. Jika ujian dilakukan secara luring/offline mahasiswa bisa menggunakan beberapa ruangan berikut: Inbis. Ruang sidang kecil, ruang sidang fakultas, agraris dan ruang kelas.
  9. Sebelum ujian, mahasiswa wajib memberikan draft laporan ke DPM dan penguji H-2 sebelum ujian

ADMINISTRASI PRA UJIAN 

Setelah selesai melakukan kegiatan magang, mahasisiwa diwajibkan untuk melakukan ujian magang. Adapun hal – hal yang perlu dipersiapkan sebelum ujian magang adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan dan merekap dokumen magang (log book, nilai lapangan dan surat keterangan selesai magang dari perusahaan)
  2. Menyusun laporan magang (wajib melampirkan dokumentasi foto kegiatan magang). Perlu diingat bahwa di dalam laporan terdapat 3 tanda tangan yaitu DPM, Penguji dan Komisi Magang. Sebelum meminta tanda tangan komisi magang, mahasiswa perlu meminta dan mendapatkan tanda tangan dari DPM -> Penguji -> Komisi Magang.
  3. Bimbingan laporan magang dengan DPM
  4. Jika laporan magang sudah di ACC, segera mengatur jadwal ujian dengan DPM dan Penguji. Ujian bisa dilakukan secara online/offline.
  5. Ujian magang tidak perlu mendaftar ke komisi magang, hanya perlu mengatur poin yang sudah dijelaskan di nomor 3 dan 4.

Jika ujian magang offline: laporan magang hardfile untuk DPM dan Penguji, PPT, berita acara ujian magang, dokumen pada poin nomor 1 perlu dibawa saat ujian dan mencari ruangan untuk ujian magang

jika ujian magang online: laporan magang softfile (pdf) untuk DPM dan penguji, PPT, berita acara softfile, menyiapkan dokumen pada poin nomor 1 (soft file) dan membuat link zoom/msteam/Gmeet

6. setelah ujian magang, mahasiswa melakukan administrasi pasca ujian magang dengan mengupload dokumen – dokumen hasil magang dan ujian magang.

ADMINISTRASI PASCA MAGANG DAN PASCA UJIAN 

Setelah semua proses magang dilaksanakan, selanjutnya mahasiswa harus mengumpulkan beberapa berkas administrasi pasca magang agar nilai magang dapat diproses oleh Komisi Magang. Berikut ini beberapa dokumen yang perlu dikumpulkan dan diupload:

  1. UPLOAD LAPORAN MAGANG  yang sudah ditandatangani (DPM, Penguji dan Komisi Magang) dalam bentuk PDF&DOC
  2. UPLOAD LOG BOOK MAGANG dalam bentuk PDF 
  3. UPLOAD BERITA ACARA UJIAN MAGANG yang sudah ditandatangani (DPM, Penguji dan Komisi Magang) dalam bentuk PDF
  4. HARDFILE NILAI LAPANGAN yang disahkan oleh perusahaan atau supervisor magang (tanda tangan dan atau stempel resmi) .

Semua Dokumen Administrasi Pasca Magang (nomor 1, 2, 3 ) dikumpulkan ke Komisi Magang Prodi dalam soft file melalui GFORM, untuk poin nomer 4 dikumpulkan secara hardfile ke TU PRODI AGRIBISNIS (mba gita/pak faizun). Adapun dokumen dalam bentuk softfile di-upload pada Gform ini klik (new update) link berikut ini

NILAI MAGANG

Nilai magang merupakan gabungan dari lapangan, nilai ujian dan nilai laporan magang. Proporsi dari masing-masing komponen nilai magang adalah sebagai berikut:

Nilai Magang = 

Join sosialisasi = 5
Join pembekalan = 5
Upload proposal tepat Waktu = 5
Proposal = 15
Ujian magang = 15
Nilai perusahaan = 35
Laporan = 20

[UPDATE] DOWNLOAD DOKUMEN 

  1. PPT sosialisasi magang download disini
  2. Log Book Mingguan Magang Reguler
    Silahkan download disini.
  3. Format Proposal Magang Reguler
    Silakan download disini. 
  4. Berita Acara Ujian Magang
    Silakam download disini.
  5. Format Laporan Magang
    Silakam download disini.
  6. Form Nilai Lapangan khusus MAGANG REGULER 
    Silakan download disini. 
  7. Form Surat Izin Meninggalkan Lokasi
    Silakan download disini.
  8. Alur Kegiatan Magang Silakan lihat disini.
  9. SURAT KETERANGAN PERATURAN DAN SANKSI MAGANG 2023 Silakan lihat disini.

KOMISI MAGANG PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UMY

Retno Wulandari, S.P., M.Sc.