Mahasiswa Agribisnis UMY Kunjungi Kampung Coklat

April 26, 2017 oleh : superadmin

Sebanyak 200 mahasiswa Agribisnis UMY mengikuti kegiatan fieldtrip ke Jawa Timur. Fieldtrip merupakan kegiatan pembelajaran di lapangan yang wajib diikuti oleh mahasiswa Agribisnis semester empat. Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan perusahaan dan melihat secara langsung kegiatan yang dilakukan perusahaan. Kegiatan ini dilakulan selama 3 hari yakni mulai Senin malam hingga Kamis pagi (06/04/2017).

Salah satu perusahaan yang di kunjungi dalam kegiatan ini adalah CV. Guyub Santosa/ Kampung Coklat Blitar. Di kampung coklat ini mahasiswa di tunjukkan tentang pembibitan coklat, penjemuran biji coklat, pengolahan coklat dan belajar menghias permen coklat. Dellia salah satu mahasiswa mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. “Disini kita bisa melihat secara langsung tentang teknik pengolahan coklat, sehingga nantinya sebagai mahasiswa Agribisnis kita bisa membuat inovasi baru dalam pengolahan coklat” tuturnya.

Selain itu mahasiswa juga diperkenankan untuk bertanya jawab dengan tiga manajer inti Kampung Coklat. Ke tiganya yaitu Pak Imam Bahrowi selaku manajer produksi, Pak Ahsin selaku manajer operasional dan Pak Mustaqim selaku manajer budidaya. Ke tiganya menyambut kedatangan mahasiswa Agribisnis dengan sangat baik sehingga bisa melakukan diskusi dengan terbuka.

Diskusi berjalan lebih menarik ketika salah satu mahasiswa menanyakan terkait motivasi yang dilakukan oleh pengelola Kampung Coklat sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Pak Ahsin selaku Manajer operasional menjawab dengan penuh semangat. Motivasi yang beliau sampaikan yaitu ada 3 yakni memenuhi kebutuhan fisik, otak dan Ibadah. “Kami menampai kampung coklat agar tempat ini bermanfaat bagi warga kampung, kemudian mengembangkan manfaatnya bagi masyarakat kecamatan, kabupaten, profinsi dan bagi masyarakat seluruh Indonesia”tutur beliau. Bahkan beliau juga sangat terbuka jika ada mahasiswa UMY yang akan bekerjasama dengan Kampung Coklat Blitar. (mrs)