Acara Sesi Pleno FANRes di Prambanan Ball Room, Hotel Cavinton Yogyakarta

Konferensi Internasional Food, Agriculture and National Resource (FANRes) ke empat tahun 2018 telah dilaksanakan di Hotel Cavinton, Yogyakarta selama 2 hari (11-12/09/2018). Tema yang diusung dalam acara FANRes ke empat ini adalah “Meningkatkan Agro-Technopreneurship Menuju Daya Saing Produk” Serangkaian acara meliputi pembukaan, sesi pleno, sesi pararel,  dan pertemuan eksekutif jaringan internasional FANRes. Konferensi FanRes ke empat tahun 2018 ini dihadiri oleh peserta dan pembicara dari 6 negara yaitu Jepang, Korea Selatan, Australia, Amerika, Malaysia, dan Indonesia. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat Kementerian Pertanian RI.

Di hari pertama kegiatan dimulai sejak pukul 08.30 hingga pukul 21.00. Acara FANRes resmi dibuka oleh President of FANRes Internasional Network, Prof. Dr. Yuli Witono. Setelah pembukaan acara diisi dengan kegiatan sesi pleno. Pemateri sesi pleno pada hari pertama adalah Prof. Patricia Rayas-Duarte dari Oklahoma State University, USA, Prof. Tsutomu Morinaga dari     Hiroshima Prefectural University, Japan dan Dr. Gunawan Budiyanto, MP dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia. Acara sesi pleno berakhir hingga tengah hari kemudia dilanjutkan dengan sesi pararel. Selain sesi pararel digelar juga pertemuan eksekutif jaringan internasional FANRes.

Di hari kedua acara berlangsung pukul 08.00 hingga pukul 16.15. Konferensi diawali dengan sesi pleno yang diisi oleh Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng. selaku Ketua Badan Ketahanan Pangan Kementerian RI, Prof. Seong Gu Hwang dari Hankyong National University, South Korea, Dr. Juwaidah Sharifuddin dari Universiti Putra Malaysia, Malaysia, dan Dr. Glen Fox dari University of Queensland, Australia. Acara sesi pleno berakhir pukul 10.45 dan selanjutnya dilanjutkan dengan sesi poster selama 60 menit. Setelah istirahat kegiatan konferensi dilanjutkan dengan kegiatan sesi pararel hingga pukul 14.50. Di akhir acara dilakukan pemberian penghargaan kepada beberapa peserta dan penutupan.

Foto bersama antara pembicara dan sebagian peserta FANRes 2018

Di hari ketiga acara diisi dengan kegiatan City Tour ke Candi Prambanan dan ke Rumah Batik Roro Jonggrang. Acara Konferensi FANRes berjalan dengan baik. Program Studi Agribisnis UMY selaku penyelenggara mendapatkan pujian dari berbagai pihak atas suksesnya acara ini. Salah satu pujian berasal dari President of FANRes Internasional Network, Prof. Dr. Yuli Witono. Melalui surat tulisan tangan Prof. Dr. Yuli Witono menyampaikan penghagaan yang tinggi kepada seluruh penyelenggara yang sigap selama berlangsungnya acara Konferensi Internasional FANRes. (mars)