Foto Mr. B ketika menyampaikan kuliah (Sunber; Dokumentasi pribadi)

Acara dilakukan pada hari Selasa, 20 Maret 2018 di Lantai 4, Gedung Pasca Sarjana UMY. Sasaran dari acara ini adalah seluruh pengurus HIMASEPTA dan dua orang perwakilan setiap kelas Agribisnis. Acara ini dijadwalkan berlangsung pada pukul 14.00 WIB. Namun, acara baru dapat dimulai pukul 14.10, hal tersebut karena belum banyak peserta yang datang. Acara ini dipandu oleh Bapak Heri Akhmadi S.P. M.A Kemudian pukul 14.12 WIB dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Prodi Agribisnis UMY yaitu Ibu Ir. Eni Istiyanti, M.P. Selanjutnya acara inti yaitu materi mengenai “Building Entrepreneurship Spirit in the Digital Age” oleh Mr. Neelesh Batia yang di mulai pukul 14.15 WIB hingga 15.30 WIB. Mr. B menyampaikan materi dengan penuh semangat sehingga mengena dihati peserta. Hal tersebut membuat peserta semangat untuk bertanya. Terdapat sekitar 10 peserta yang bertanya kepada Mr. B. Berikut adalah rangkuman materi dan tanya jawab antara Mr.B dengan peserta.

Foto penyerahan cinderamata dari Kaprodi Agribisnis (Ir. Eni Istiyanti M.P) kepada Mr. B (Sumber:Dokumentasi Pridbadi)

  • Entrepreneurship tidak mudah, namun ini adalah sesuatu yang menarik.
  • Teknologi menjadi bagian yang terpenting dari
  • Carilah kemampuan spesial yang ada didalam diri kita. Dimana dengan kemampuan itu orang akan senang dan mencari kita, karena sesuatu yang spesial didalam diri kita berbeda dan tidak dimiliki orang lain.
  • Kunci untuk sukses adalah memanfaatkan waktu, bekerja keras dan tekanan yang membuat kita menjadi lebih baik.
  • Yang dibutuhkan untuk memulai usaha adalah modal, ide yang hebat dan konsep yang fantastik. Hal tersebut dilakukan agar customer mau membeli produk kita. Selain itu dibutuhkan mentor dan juga jaringan.
  • Memulai usaha saat sudah bekerja adalah suatu kesalahan.
  • Menjadi karyawan di sebuah perusahaan membuat kita malas, karena kita hanya menjalankan apa yang sudah ada dan kita selalu berada di zona aman.
  • Saat kita menjadi seorang entrepreneurship, kita harus mengetahui segala hal yang berkaitan dengan produk kita, salah satunya melalui analisis SWOT.
  • Untuk mengetahui sesuatu yang spesial dari diri kita, mulailah menemukannya dari apa yang kita suka.
  • Bisinis itu tentang apa yang ingin kita berikan pada konsumen dan bagaimana cara menang saing dari kompetitor lainnya.
  • Cara menjaga jaringan adalah dengan menyesuaikan obrolan kita dengan relasi baru kita, sehingga ada kesinambungan.

    Foto bersama Mr,B dan peserta Public Lecture beserta mahasiswa dari Singapore Polytechnic(Sumber:Dokumentasi pribadi)

Setelah materi dari Mr.B dan sesi tanya jawab selesai. Mr. B mengundang salah satu mahasiswa dari Singapore Polytechnic untuk maju dan memberikan materi mengenai bisnis, nama mahasiswa tersebut adalah Shawn. Hal tersebut dilakukan oleh Mr. B karena Shawn adalah mahasiswanya yang telah membangun bisnis sejak masih kuliah. Kemudian penyerahan kenang-kenangan dari Bu Eni kepada Mr. B. Acara Public Lecture ditutup dengan sesi foto bersama. Secara keseluruhan acara berjalan lancar, namun sempat terjadi beberapa kali mati listrik saat acara berlangsung(Kiki)