Alumni

Alumni Program Studi Agribisnis FP UMY telah memiliki wadah alumni yang memfasilitas baik komunikasi baik langsung secara tatap muka maupun melalui jejaring sosial. Secara umum alumni Program Studi Agribisnis FP UMY tergabung secara otomatis dalam wadah Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY). KAUMY memiliki perwakilan di beberapa Provinsi termasuk di DIY. Setiap alumni fakultas, memiliki komisi  Fakultas dan memiliki kepengurusan sendiri. Himpunan di tingkat Program Studi Agribisnis KAUMY berada di bawah pengelolaan Wakil Rektor III, sedangkan KAUMY komisariat program studi di bawah pengelolaan Program Studi Agribisnis. Komunitas alumni ini secara aktif mengadakan pertemuan-pertemuan silaturrahmi setiap tahunnya antar lulusan Program Studi Agribisnis  FP. UMY dan juga dengan pengurus Prodi.

untitled

Gambar 1. Temu Almuni Agribisnis Angkatan 1995

Partisipasi keluarga alumni terkait dengan kegiatan akademik berupa:

  • Sumbangan dana

Pada saat pertemuan alumni dan menjadi sponsor pada kegiatan-kegiatan akademik di tingkat Program Studi maupun di tingkat Himpunan Mahasiswa Jurusan.

  • Sumbangan fasilitas

Sumbangan fasilitas dari alumni berupa LCD, laptop, buku, papan tulis yang digunakan untuk proses pembelajaran dan fasilitas lokasi magang.

  • Keterlibatan akademik

Alumni memberikan informasi dalam proses penyusunan kurikulum,       perbaikan proses pembelajaran maupun muatan materi perkuliahan.

  • Pengembangan jejaring

Pengembangan jejaringan dilakukan oleh alumni dengan membentuk Keluarga Alumni UMY (KAUMY) di tingkat Fakultas Pertanian yang memberikan informasi kepada mahasiswa dan Prodi tentang kebutuhan kompetensi pada dunia kerja.

  • Kegiatan akademik

Beberapa alumni menjadi narasumber dalam kegiatan akademik seperti pemateri seminar baik di tingkat Program Studi maupun di tingkat Himpunan Mahasiswa Jurusan.

untitled2

Gambar 2. Arnis Perwita (Staf BRI Syariah Cab. Sleman)/Alumni diundang sebagai Dosen Tamu untuk Mata Kuliah Bisnis Plan

untitled4

Gambar 3. Magang Kerja Mahasiswa di Perusahaan Tela-Tela, Tempat Alumni bekerja.

Partisipasi keluarga alumni terkait dengan kegiatan non akademik berupa:

  • Sumbangan dana

Memberikan sponsor untuk membantu mahasiswa yang akan mengikuti lomba-lomba non akademik seperti futsal, pentas seni, festival kewirausahaan.

  • Sumbangan fasilitas

Beberapa alumni memberikan fasilitas kewirausahaan untuk membangun jiwa entrepeneurship dan juga memberikan dukungan dalam bentuk sumbangan dana dalam peningkatan soft skill untuk kepekaan sosial mahasiswa dan pembentukan karakter seperti bridging, pengembangan diri

  • Keterlibatan non akademik

Memberikan masukan kepada Program Studi maupun mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan softskill mahasiswa dan kemampuan entrepeneurship.

  • Pengembangan jejaring

Alumni memberikan informasi tentang lowongan kerja dan memberikan strategi untuk mengembangkan kemampuan diri mahasiswa khususnya di bidang softskill

  • Kegiatan non akademik

Alumni memberikan fasilitas pelatihan keterampilan kepada mahasiswa seperti pelatihan beladiri, musik dan juga menjadi instruktur dalam pelatihan olahraga dan seni.

Dalam rangka perbaikan kurikulum dan meningkatkan daya saing lulusan, Program Studi Agribisnis UMY menyelenggarakan Tracer Study Alumni. Data yang diperoleh bersifat rahasia dan digunakan untuk pengembangan institusi dan lulusan/alumni Program Studi Agribisnis UMY. Partisipasi alumni dalam pengisian form ini sangat diharapkan, dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih. Form Tracer Alumni bisa diklik pada link berikut.

Share Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

© 2015 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY