Akademik

Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merumuskan kurikulum secara terstruktur yang terdiri dari kompetensi utama, kompetensi pendukung, kompetensi lainnya guna menghasilkan lulusan yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan program studi yang berorientasi pada masa depan, sehingga lulusan Prodi Agribisnis dapat bersaing di dunia kerja yang selaras dengan visi dan misi UMY yaitu Unggul dan Islami (berdasarkan SK Rektor Nomor 021/SK-UMY/X/2012).

Kompetensi utama lulusan Program Studi Agribisnis UMY terdiri dari 8 kompetensi hard skill dan 5 komptensi soft skill.

Kompetensi hard skill meliputi :

  1. Menguasai teori ekonomi, bisnis, manajemen, kewirausahaan dan IPTEK pertanian untuk mengelola perusahaan Agribisnis.
  2. Mampu mengorganisasikan dan memimpin perusahaan agribisnis secara kreatif dan inovatif.
  3. Mampu merencanakan, menjalankan dan mengembangkan bisnis pangan lokal yang adaptif terhadap perubahan lingkungan.
  4. Mampu mengambil keputusan strategik dan operasional   serta berani menghadapi resiko bisnis secara bertanggungjawab.
  5. Mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan alternatif solusi di bidang agribisnis secara komprehensif dan dapat dipertanggungjawabkan secara egaliter.
  6. Menguasai prinsip dan konsep komunikasi untuk memberikan alternatif solusi permasalahan agribisnis.
  7. Mampu merancang dan melaksanakan  penelitian secara ilmiah untuk mendapatkan temuan ilmiah yang diakui masyarakat akademis.
  8. Menguasai metode kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis permasalahan agribisnis serta mempertanggungjawabkan hasil analisis secara akademik.

Kompetensi soft skill meliputi :

  1. Kemampuan mengembangkan kreativitas, keinovatifan, dalam mengembangkan agribisnis.
  2. Kemampuan bekerjasama dalam tim yang multidisiplin.
  3. Mampu belajar sepanjang hayat dan berwawasan global.
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan di bidang agribisnis.
  5. Memiliki jiwa leadership.

Tabel Struktur Mata Kuliah

SEMESTER 1 SEMESTER 2
Penguasaan teori ekonomi, bisnis, manajemen kewirausahaan dan IPTEK pertanian untuk mengelola perusahaan agribisnis Pengorganisasian dan kepemimpinan perusahaan Agribisnis secara kreatif dan inovatif
No. Mata Kuliah Sks   No. Mata Kuliah Sks
1. Ilmu Pertanian 2 1. Tek Produksi Pertanian 3
2. Budidaya Tanaman 3 2. Ekonomi Mikro 3
3. Matematika Ekonomi 2 3. Manajemen Agribisnis 3
4. Komunikasi Pertanian 2 4. Statistika 3
5. Dasar Manajemen 2 5. Sosiologi Pertanian 2
6. Aqidah Akhlaq 2 6. Bhs Indonesia (Penulisan Ilmiah) 2
7. Tek. Informasi & Komputasi 4 7. Kemuhammadiyahan 2
8. Bahasa Inggris I 1 8. Fiqih 2
9. Pancasila & Kewarganegaraan 3 9. Bahasa Inggris II 1
Total 21 Total 21
SEMESTER 3 SEMESTER 4
Pengidentifikasian masalah dan pemberian alternatif solusi dibidang agribisnis secara egaliter Pengambilan keputusan strategik dan operasional serta berani menghadapi resiko bisnis secara bertanggung jawab
No. Mata Kuliah Sks   No. Mata Kuliah Sks
1. Perlindungan Tanaman 3 1. Ekonomi Makro 3
2. Manajemen Produksi Pertanian 3 2. Kelayakan Agribisnis 3
3. Manajemen SDM 3 3. Tek. Pengolahan Hasil Pertanian 3
4. Pemasaran Pertanian 3 4. Manajemen Pemasaran 3
5. Ekonomi Manajerial 2 5. Manajemen Finansial 2
6. Dasar Akuntansi 3 6. Lembaga Keuangan Syariah 3
7. Dinamika Masyarakat 3 7. Kebijakan Pembangunan 2
8. Tafsir Al Quran 2 8. Bahasa Inggris IV 1
9. Bahasa Inggris III 1 9. Mata Kuliah Pilihan 4
Total 23 Total 24
SEMESTER 5 SEMESTER 6
Perencanaan pelaksanaan dan mengembangkan bisnis pangan lokal yang adaptif terhadap perubahan lingkungan Penguasaan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis permasalahan agribisnis serta mempertanggungjawabkan hasil analisis secara akademik berlandaskan kejujuran
No. Mata Kuliah Sks   No. Mata Kuliah Sks
1. Budidaya Tanaman Industri 3 1. Metodologi Penelitian 3
2. Design Pesan & Periklanan 3 2. Metode Kuantitatif 3
3. Kemitraan dan Komunikasi Bisnis 3 3. Teknik Design Pemberdayaan Masyarakat 3
4. Bisnis Plan 3 4. Manajemen Informasi Agri 3
5. Kewirausahaan 3 5. Tek. Konseling & Analisis Problem Solving 3
6. Perdagangan Internasional 3 6. KKN 3
7. Ekonometri 3 7. Mata Kuliah Pilihan 6
8. Bahasa Inggris V 1
9. Mata Kuliah Pilihan 2
Total 24 Total 24
SEMESTER 7
Perancangan dan pelaksanaan penelitian secara ilmiah untuk mendapatkan temuan ilmiah yang diakui masyarakat akademis
No. Mata Kuliah Sks
1. Magang 3
2. Skripsi 5
Total 8

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik prodi Agribisnis memfasilitasi pembelajaran daring/online melalui E-learning MyKlass. Melalui platform e-learning MyKlass, mahasiswa bisa berinteraksi dan mengikuti perkuliahan secara daring/online. Silahkan klik disini untuk mengakses E-Learning MyKlass Prodi Agribisnis.

Gambar. Tampilan E-learning/MyKlass

GAMBARAN UMUM MAGANG

A. PENGERTIAN

Magang profesi merupakan kegiatan yang dilakukan di lapangan yaitu di suatu perusahaan atau instansi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa.

B. TUJUAN

  1. Mahasiswa memperoleh pengalaman aplikatif sehingga mendorong sensitivitas kritis cara berpikir dan kemampuan manajerial.
  2. Mahasiswa melaksanakan proses pembelajaran berbasis masalah dan fakta sebagai dasar melakukan inovasi dan pengembangan.

C. MANFAAT

Dengan melaksanakan magang profesi mahasiswa dapat berinteraksi dengan dunia kerja dan lingkungan kerja sejak dini sehingga setelah lulus diharapkan akan menjadi lulusan yang memiliki pengalaman dan kemampuan menjalankan bisnis serta menjadi SDM siap pakai, siap berkarir di berbagai bidang dengan didukung kemampuan analitis, inovatif, dan pengambilan keputusan serta profesional dalam pekerjaannya.

TAHAPAN MAGANG 

Tahapan magang dimulai dari sosialisasi dan pembekalan magang (wajib), pembuatan proposal, pelaksanaan magang, laporan, ujian dan sampai dikeluarkannya nilai akhir magang. Secara umum mengenai tahapan magang bisa dilihat pada gambar alur berikut ini: Alur Pelaksanaan Magang Profesi Agribisnis UMY. 

Adapun secara detail mengenai tahapan magang periode 2021 sebagai berikut:

  1. Sosialisasi dan Pembekalan Magang I : Januari 2021
  2. Mahasiswa Mencari dan Survey Calon Lokasi Magang : Januari-Mei 2021
  3. Pendaftaran Lokasi Magang ke Komisi Magang :
    • Periode 1 : 10 – 28 Februari 2021
    • Periode 2 : 1 Maret – 11 April 2021
    • Periode 3 : 12 April – 11 Mei 2021 Link Pendaftaran
    • Pendaftaran magang reguler di Agroedukasi Caping Merapi bisa klik di sini.
  4. Pengumuman Lokasi Magang Diterima/Ditolak oleh Komisi Magang :
    • Periode 1 : 15 Maret 2021
    • Periode 2 : 19 April 2021
    • Periode 3 : 22 Mei 2021
  5. Deadline Mahasiswa Mendapatkan Lokasi Magang : 11 April 2021 8 Mei 2021
  6. Pengumuman Dosen Pembimbing Magang (DPM) : 3 Agustus 2021
  7. Pembekalan Magang II : 6 Agustus 2021
  8. Bimbingan dan Konsultasi Proposal Magang dengan DPM : Agustus-September 2021
  9. Upload Proposal ACC DPM : Paling lambat H-3 hari sebelum mulai magang
  10. Pelaksanaan Magang : Agustus-Oktober 2021
  11. Administrasi Pasca Magang : Oktober-November 2021
  12. Bimbingan dan Konsultasi Laporan Magang : Oktober-November 2021
  13. Ujian Magang : Paling lambat 15 November 2021
  14. Adminstrasi Pasca Ujian : 1 – 30 November 2021

MAGANG PANDEMI COVID-19 

Dikarenakan pandemi Covid-19, Komisi Magang Program Studi Agribisnis membuka 9 skema magang baru, sebagai berikut :

  1. Bidang Literasi Informasi dan Bisnis : Magang Daring di Perusahaan [Kode A1] (1-4 mahasiswa)
  2. Bidang Literasi Informasi dan Bisnis : Penugasan Dosen Pembimbing [Kode A2] (Sesuai jumlah mahasiswa dalam tim payung)
  3. Bidang Literasi Informasi dan Bisnis : Laporan Ilmiah [Kode A3] (individu)
  4. Bidang Literasi Informasi dan Bisnis : Pelatihan Online [Kode A4] (1-3 mahasiswa)
  5. Bidang Kewirausahaan : Membuat Usaha Mandiri dengan Produk Agribisnis [Kode B1] (1-3 mahasiswa)
  6. Bidang Kewirausahaan : Melanjutkan Usaha yang Sudah Dilakukan Sebelumnya [Kode B2] (Sesuai kondisi usaha)
  7. Bidang Kewirausahaan : Pendampingan Usaha UMKM [Kode B3] (1-3 mahasiswa)
  8. Bidang Kemahasiswaan : Partisipasi Aktif dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kampus UMY [Kode C1] (Individu)
  9. Bidang Kemahasiswaan : Konversi Prestasi Mahasiswa Bidang Akademik [Kode C2] (Individu)

Deskripsi lengkap standar minimum kegiatan dan output masing-masing skema dapat dilihat disini. Pendaftaran dibuka tanggal 1-11 Juli 2021, melalui link dibawah.

Pada saat ini juga ditawarkan pula Skema Magang Internal Kampus UMY (LP3M UMY) [Kode D1] dan Skema Magang Pengabdian Masyarakat (Project Dosen) [Kode D2]. Output skema D1 : laporan kegiatan. Output skema D2 : laporan kegiatan dan video kegiatan.

SKEMA ALIH MAGANG 

Bagi mahasiswa yang telah diterima lokasi magangnya tahun 2021, baik periode 1 maupun periode 2, dikarenakan wabah Covid-19, maka diberikan 3 pilihan :

  1. Melanjutkan Magang Reguler di Perusahaan (baik periode Juli-Agustus maupun periode September-Oktober)
  2. Pindah Lokasi Magang Offline di Perusahaan
  3. Beralih ke Skema Magang Pandemi Covid-19 (9 skema)

Pilihan 1 dapat dipilih dengan memenuhi 2 persyaratan, yaitu :

  1. Lokasi magang tidak berada di zona merah penyebaran Covid-19
  2. Adanya surat pernyataan kesanggupan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19

Pilihan 2 dapat dipilih dengan memenuhi 3 persyaratan yaitu :

  1. Lokasi magang tidak berada di zona merah penyebaran Covid-19
  2. Adanya surat pernyataan kesanggupan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19
  3. Lokasi magang sesuai domisili/tempat tinggal mahasiswa (pada kabupaten/kota yang sama, atau berbeda kabupaten/kota namun jarak rumah tinggal dengan lokasi magang kurang dari 30 km)

Bagi mahasiswa yang belum diterima lokasi magangnya, masih diizinkan untuk mendaftar dan mengikuti magang tahun 2021 dengan memilih 2 alternatif berikut :

  1. Skema Magang Pandemi Covid-19 (9 skema)
  2. Magang Offline di Perusahaan (periode September-Oktober)

Pilihan 2 dapat dipilih dengan memenuhi 4 persyaratan yaitu :

  1. Persyaratan lokasi magang sama dengan magang reguler
  2. Lokasi magang tidak berada di zona merah penyebaran Covid-19
  3. Adanya surat pernyataan kesanggupan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19
  4. Lokasi magang sesuai domisili/tempat tinggal mahasiswa (pada kabupaten/kota yang sama, atau berbeda kabupaten/kota namun jarak rumah tinggal dengan lokasi magang kurang dari 30 km)

LAPORAN DAN UJIAN MAGANG 

Diantara tahapan magang bagian akhir adalah penulisan laporan dan ujian magang. LAPORAN MAGANG merupakan reportase kegiatan magang yang telah dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan proposal dan realita selama di lapangan. Detail mengenai format silakan bisa download di daftar dokumen magang.

Adapun UJIAN MAGANG, merupakan forum assesmen oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) dan Dosen Penguji terhadap mahasiswa yang telah selesai melaksanakan magang dan selesai (Acc) menulis laporan magang. Pada intinya ujian magang menguji sejauh mana capaian tujuan magang sebagaimana tertulis di proposal. Ujian magang dapat dilaksanakan jika mahasiswa sudah SELESAI melaksanakan magang yang dinyatakan dengan surat keterangan selesai magang dari perusahaan/tempat magang (kecuali untuk beberapa skema magang pandemi) dan telah selesai menulis laporan (Acc DPM). Teknis dan waktu pelaksanaan ujian magang dikordinasikan antara DPM, Penguji dan mahasiswa.

Daftar DPM&Penguji Magang 2020 bisa dilihat di sini.

ADMINISTRASI PASCA MAGANG (NEW UPDATE)

Setelah semua proses magang dilaksanakan, selanjutnya mahasiswa harus mengumpulkan beberapa berkas administrasi pasca magang agar nilai magang dapat diproses oleh Komisi Magang. Berikut ini beberapa dokumen yang perlu dikumpulkan dan diupload:

  1. LAPORAN MAGANG yang sudah ditandatangani (DPM, Penguji dan Komisi Magang) dalam bentuk PDF&DOC
  2. LOG BOOK MAGANG dalam bentuk PDF (Catatan: Untuk dokumen hard file, log book magang dilampirkan dalam laporan)
  3. BERITA ACARA UJIAN MAGANG yang sudah ditandatangani (DPM, Penguji dan Komisi Magang) dalam bentuk PDF
  4. NILAI LAPANGAN yang disahkan oleh perusahaan atau supervisor magang (tanda tangan dan atau stempel resmi) .

Semua Dokumen Administrasi Pasca Magang (nomor 1, 2, 3 dan 4) dikumpulkan ke Komisi Magang Prodi (TU/Inbis) dalam bentuk hardfile dan soft file (kecuali dokumen nilai lapangan, hanya dalam bentuk hard file). Adapun dokumen dalam bentuk softfile di-upload dengan klik link berikut ini. Catatan: Berita acara ujian magang yang diserahkan langsung oleh dosen ke Komisi Magang tidak perlu diupload.

NILAI MAGANG

Nilai magang merupakan gabungan dari lapangan, nilai ujian dan nilai laporan magang. Proporsi dari masing-masing komponen nilai magang adalah sebagai berikut:

Nilai Magang = (Nilai Lapangan*30%)+(Nilai Ujian*40%)+(Nilai Laporan*30%)

[UPDATE] LINK MAGANG 2021

  1. Materi Sosialisasi dan Pembekalan I Magang Profesi Agribisnis
    Silakan download disini.
  2. Pendaftaran Lokasi Magang Reguler
    Periode 3 silakan klik disini.
  3. Pengumuman 1 Lokasi Magang 2021 Diterima
    Silakan klik di sini.
  4. Pengumuman Lolos Seleksi Magang Caping Merapi 2021. Silakan klik di sini
  5. Pengumuman 2 Lokasi Magang 2021 Diterima
    Silakan klik disini.
  6. Daftar Ulang Lanjut Magang Reguler/Offline (Closed)
    Silakan klik disini.
  7. Pendaftaran Magang Pandemi Covid-19 (Closed)
    Silakan pelajari dan download form pendaftarannya disini dan lakukan pendaftaran disini.
  8. Pendaftaran Pindah Lokasi dan Daftar Baru Magang Offline di Perusahaan (Closed)
    Silakan klik disini
  9. Pengumuman Lokasi Magang Diterima Tahun 2021 dan Pembagian Dosen Pembimbing Magang (Final)
    Silakan klik disini
  10. Upload Proposal Magang
    Silakan klik disini
  11. Upload Administrasi Pasca Magang
    Silakan klik disini

[UPDATE] DOWNLOAD DOKUMEN MAGANG

  1. Log Book Mingguan Magang Profesi
    Silakam download disini.
  2. Format Proposal Magang Pandemi
    Silakan download disini. 
  3. Format Proposal Magang Reguler
    Silakan download disini. 
  4. Form Pendaftaran Magang Pandemi
    Silakam download disini.
  5. Surat Pernyataan Kesanggupan Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19
    Silakam download disini.
  6. Berita Acara Ujian Magang
    Silakam download disini.
  7. Format Laporan Magang
    Silakam download disini.
  8. Form Nilai Lapangan
    Silakan download disini.
  9. Form Surat Izin Meninggalkan Lokasi
    Silakan download disini.
  10. Form Pendaftaran Magang Reguler (Offline)
    Silakan download disini.
  11. Alur Kegiatan Magang
    Silakan lihat disini.
  12. Buku Panduan Magang
    Silakan download disini.
  13. Format Laporan Magang
    Silakan download disini.

[PENTING] DOKUMEN KEBIJAKAN MITIGASI COVID-19 UMY

  1. Ringkasan Pola Pikir : Jadilah Agent of change dalam situasi pandemi ini!
    Silakan lihat disini.
  2. Peraturan Rektor tentang Kebijakan Mitigasi COVID-19 UMY
    Silakan download disini.
  3. Surat Edaran Perkuliahan, Praktikum, Tugas Akhir, Praktik Profesi dan Magang
    Silakan download disini. 
  4. Protokol Praktikum Tugas Akhir Mahasiswa UMY
    Silakan download disini.
  5. Prosedur Pemantauan Mandiri
    Silakan download disini. 
  6. Prosedur Kepulangan Kembali Mahasiswa ke Yogyakarta dan UMY
    Silakan download disini. 

KOMISI MAGANG PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UMY

Heri Akhmadi, S.P., MA.
Muhammad Fauzan, S.P., M.Sc.

Panduan penulisan skripsi

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana sistematika penulisan skripsi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Program Studi Agribisnis bisa di klik di sini: PANDUAN PENULISAN SKRIPSI PRODI AGRIBISNIS UMY

Alur bimbingan skripsi

Syarat Pengajuan Skripsi

1. Telah mengambil mata kuliah Metode Penelitian pada semester VI
2. Telah mendapat Dosen Pembimbing 1 (satu)
3. Setelah mata kuliah Metode Penelitian selesai, mengajukan dosen pembimbing 2 (dua) dengan menyertakan bukti key-in skripsi dan proposal skripsi.

Syarat Melakukan Seminar Proposal dan Hasil

Menyerahkan tanda tangan keikutsertaan seminar proposal sebanyak 10 kali untuk seminar proposal dan menyerahkan tanda tangan keikutsertaan seminar hasil sebanyak 10 kali untuk seminar hasil.

Alur Pelaksanaan Skripsi

1. Mahasiswa melakukan Key-in skripsi di KRS Online
2. Mahasiswa mengajukan usulan penelitian
3. Konsultasi penyusunan proposal ke pembimbing
4. Seminar Proposal penelitian
5. Revisi proposal berdasarkan masukan dari penguji proposal
6. Pembimbing menyetujui proses pelaksanaan penelitian
7. Pelaksanaan penelitian
8. Pengolahan data dan analisis
9. Seminar hasil penelitian
10. Ujian Skripsi
11. Yudisium

Penjelasan syarat pendaftaran ujian Pendadaran:

1. Daftar pustaka minimal berisi 10 artikel jurnal nasional/internasional
2. Turnitin (Uji Plagiarisme) <20% (maksimal 19%)
3. Jumlah SKS pada transkrip nilai harus sudah mencapai 139 sks tanpa skripsi,
4. Tidak boleh terdapat nilai E dan TL.
5. Nilai pancasila dan AIK minimal B
6. Syahadah minimal C
7. Score Toefl untuk angkatan 2015 ke atas (angkatan lama) minimal 400,
untuk angkatan 2016 dan seterusnya = minimal 425